Membeli Properti Kembali dengan Opsi Buyback, 3 Opsi BuyBack Program Rentback TapHomes

11 Februari 2022
5 menit

Memiliki rumah merupakan pencapaian besar dalam hidup. Rumah Anda mungkin memiliki arti spesial untuk Anda seperti sejarah keluarga bertempat tinggal yang panjang, lokasi yang strategis dan lingkungan yang nyaman, ikatan emosional khusus. Akan tetapi banyak dari penjual rumah sebenarnya ingin mempertahankan rumahnya dan membutuhkan dana tunai. Maka dari itu agar kebutuhan dana terpenuhi maka TapHomes menyediakan opsi buyback dalam program Rentback TapHomes sehingga tetap bisa mengakses ekuitas rumah serta menyelamatkan aset yang dimiliki. Baca juga:

Program Rentback

Opsi Buyback adalah hak pemilik rumah untuk membeli kembali rumah yang diikutkan program rentback. Pemilik rumah dapat mengambil keputusan untuk membeli kembali rumah kapan saja selama program rentback berlangsung dan tidak ada penalti untuk buyback lebih cepat. Bahkan salah satu customer TapHomes bisa melakukan buyback dalam kurun waktu sebulan saja. Selain itu, TapHomes hanya mengambil porsi sebesar harga buyback yang telah disetujui dan selisih harga jual–selisih tersebut sepenuhnya milik pemilik rumah.

Perhitungan harga buyback sangat tergantung dengan faktor-faktor seperti kondisi fisik properti dan keramahan lingkungan sekitar. Faktor lain seperti nilai NJOP pun ikut dipertimbangkan agar proses pembelian kembali rumah Anda tidak berat. Harga buyback ini didiskusikan sebelum tanda tangan kontrak sehingga pemilik rumah mengetahui terlebih dahulu nominal terkait buyback. Nominal ini akan dimasukkan ke dalam kontrak jika sudah tercapai kesepakatan. Berikut ini merupakn 3 opsi yang bisa dipilih oleh pemilik rumah dalam mengikuti program rentback:

1. Dana Pribadi

Dana Pribadi

Buyback dengan Dana Pribadi adalah proses melakukan pembelian kembali rumah dari TapHomes dengan menggunakan dana pribadi yang dimiliki. Biasanya dana pribadi ini diperoleh dari hasil usaha/projek, hasil penjualan aset lain, dan lain lain.

Kelebihan dari menggunakan Dana Pribadi adalah customer tidak perlu mengajukan refinancing ataupun menjual rumahnya untuk melakukan buyback. Tentu hal ini juga menekan biaya-biaya yang keluar seperti biaya refinancing atau Biaya penjualan rumah.

Prosedur yang bisa dilakukan Customer adalah dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke team TapHomes untuk rencana buyback, maka team TapHomes akan melakukan perhitungan dan mengirimkan surat pemberitahuan Nilai buyback kepada Customer.

2. Refinancing Rumah ke Bank/Financial Institutions

Refinancing Rumah

Buyback dengan cara Refinancing adalah proses melakukan pembelian kembali rumah dari TapHomes dengan menggunakan pembiayaan dari Bank atau Financial Institution lainnya.

Kelebihan bila melakukan buyback dengan Refinancing ke Bank/FI, Customer dapat melakukan Buyback tanpa harus mempersiapkan dana pribadi. Sehingga Customer dapat mengatur keuangannya dengan lebih baik.

Prosedur yang bisa dilakukan adalah Customer dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke team TapHomes untuk rencana buyback, maka team TapHomes akan melakukan perhitungan dan mengirimkan surat pemberitahuan nilai buyback kepada Customer. Setelah itu customer dapat melakukan akad kredit dengan Bank/Financial Institution lainnya.

3. Jual Lepas atau Pasang Iklan Rumah Dijual

Jual Lepas atau Pasang Iklan Rumah

Buyback dengan cara jual lepas adalah proses pembayaran kembali aset dari TapHomes dimana customer menjual kepada pihak lain dan hasil penjualan atas rumah tersebut akan dikembalikan kepada TapHomes, dan selisih penjualan dapat dipergunakan Customer untuk memenuhi kebutuhannya.

Kelebihan apabila melakukan buyback dengan cara menjual Lepas, Customer tidak perlu mempersiapkan dana pribadi ataupun mengajukan pembiayaan ke bank untuk melakukan buyback kepada TapHomes.

Prosedur untuk customer dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke team TapHomes untuk rencana buyback, maka team TapHomes akan melakukan perhitungan dan mengirimkan surat pemberitahuan Nilai buyback kepada Customer. Setelah itu customer dapat melakukan pengurusan rencana transaksi jual beli di Notaris dengan pembeli baru. Baca juga:

Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika ingin membeli properti Anda kembali. Semua biaya akan sesuai dengan perjanjian dan sudah kesepakatan bersama.

Apabila Anda memilih opsi 2 maka tim TapHomes akan membantu untuk referral ke Financial Institutions dengan Program Referral Financial Institutions. Selain itu jika Anda memilih opsi 3 yaitu ingin menjual lepas atau menjual langsung rumah yang dimiliki maka TapHomes menyediakan bantuan menjual rumah secara gratis.

3 opsi buyback yang disediakan dalam program rentback memudahkan pemilik rumah dalam mengambil keputusan terhadap aset yang dimiliki, ketiga opsi yang ada memberikan fleksibilitas terhadap kondisi serta kebutuhan pemilik rumah dengan masing-masing kelebihan serta prosedurnya melalui opsi buyback dalam program rentback TapHomes. Program ini memberikan solusi untuk kebutuhan anda dengan memberikan manfaat penjualan rumah sekaligus kesempatan untuk mempertahankan kepemilikan rumah.