Mengenal dan Mengerti Ekuitas Rumah | Contoh Menghitung Ekuitas Rumah - TapHomes Article

Mengenal dan Mengerti Ekuitas Rumah | Contoh Menghitung Ekuitas Rumah

2 Agustus 20215 min
Ilustrasi rumah sebagai sumber dana tunai
Ekuitas rumah bisa menjadi sumber dana tak terduga yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal

Memiliki rumah adalah keputusan investasi yang bagus dan menguntungkan. Nilai rumah dan tanah akan terus naik (mengalami apresiasi) dan memberikan pertumbuhan modal (capital gain), yang adalah tujuan utama melakukan sebuah investasi. Selain dari itu rumah juga dapat menghasilkan pendapatan dengan berbagai cara, salah satunya disewakan.

Membangun ekuitas dalam bentuk rumah (atau properti pada umumnya) memerlukan waktu dan dana tunai yang tidak sedikit. Investor properti yang baru mulai biasanya menggunakan KPR untuk meringankan kewajiban bulanan sambil menyewakan properti tersebut untuk menjaga cashflow mereka (dan mendapatkan untung jika mungkin).

Untuk Anda yang sudah memiliki rumah lunas maupun masih dalam KPR, pengetahuan akan ekuitas atau porsi kepemilikan Anda atas rumah tersebut dan cara-cara mengaksesnya sangat diperlukan. Pasalnya ekuitas ini adalah dana tunai Anda yang tertidur dalam bentuk aset tidak bergerak. Ekuitas rumah Anda bisa menjadi penyelamat untuk berbagai keperluan dikarenakan nilainya yang signifikan.

Apa Itu Ekuitas Rumah?

Ekuitas atau porsi kepemilikan rumah adalah selisih antara nilai jual pasaran rumah dengan hutang atau kewajiban bayar, misalnya sisa KPR.

Ada dua cara utama ekuitas rumah Anda dapat bertumbuh. Seiring berjalannya pembayaran KPR, nilai porsi kepemilikan Anda akan naik. Nilai ekuitas Anda juga akan ikut naik jika harga jual pasaran rumah Anda melonjak.

Ekuitas Anda juga dapat turun, yaitu jika nilai properti Anda turun secara tidak seimbang dibandingkan dengan laju pembayaran cicilan KPR.

Bagaimana Cara Menghitung Ekuitas Rumah Anda?

Perhitungan nilai ekuitas rumah tidak sulit jika memahami prinsip dasarnya, yaitu selisih antara nilai jual pasaran dan sisa hutang, dalam hal ini KPR. Berikut contoh kasus untuk mempermudah Anda menghitung berapa nilai ekuitas yang Anda miliki atas rumah Anda.

Katakan Anda membeli rumah seharga 100 juta Rupiah, dengan uang muka 20% atau sebesar 20 juta rupiah. Total pokok pinjaman anda melalui KPR adalah 80 juta rupiah.

Jika harga Anda membeli rumah tersebut adalah harga pasaran, maka ekuitas Anda atas rumah tersebut adalah 20 juta rupiah (100 juta harga rumah dikurangi 80 juta pinjaman KPR).

Setelah 2 tahun menjalani KPR, Anda rutin membayar cicilan beserta bunganya dan sisa KPR Anda adalah 70 juta. Di waktu yang sama, nilai rumah Anda mengalami apresiasi menjadi 110 juta rupiah. Dari kondisi ini, ekuitas Anda atas rumah tersebut telah bertumbuh menjadi 40 juta rupiah (110 juta harga jual rumah terapresiasi dikurangi 70 juta sisa KPR).

Namun jika harga jual rumah Anda turun, misalnya menjadi 95 juta, maka ekuitas Anda pun ikut terpengaruh menjadi 25 juta (95 juta harga rumah turun dikurangi 70 juta sisa KPR).

Untuk mendapatkan nilai jual rumah yang akurat, dibutuhkan jasa appraisal atau penaksiran rumah. Dari survey yang dilakukan appraiser atau juru taksir ini, maka akan didapatkan harga wajar yang menjadi dasar perhitungan jika Anda ingin mengajukan pinjaman atau melakukan penjualan.

Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Ekuitas Rumah Anda?

Seperti yang sudah dibahas, membayar cicilan KPR secara rutin adalah cara terjamin untuk meningkatkan ekuitas rumah Anda seiring waktu. Namun jika Anda mencari cara lain untuk menaikkan nilai ekuitas rumah Anda dengan cepat, ada beberapa cara jitu untuk melakukannya antara lain,

  1. Membayar DP lebih

    Down Payment (DP) atau uang muka akan segera terkonversi menjadi Ekuitas. Dengan begitu pembayaran DP sebesar 20% otomatis akan memberikan Anda nilai ekuitas atas rumah yang lebih jika dibandingkan membayar DP sebesar 10%. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ketersediaan dana tunai Anda menjadi minim dan berpotensi menjadi masalah di masa depan.

  2. Take Over KPR untuk memperpendek tenor

    Dengan memperpendek tenor KPR, maka total bunga pinjaman yang harus Anda tanggung pun menjadi lebih kecil. Di sisi lain kewajiban bulanan Anda berbanding terbalik dengan tenor, misalnya dari 20 Tahun menjadi 10 Tahun, maka pembayaran bulanan Anda akan menjadi 1.5 – 2 kali pembayaran awal. Dengan begitu pertumbuhan ekuitas rumah Anda pun ikut mengalami percepatan karena sisa pinjaman Anda akan menyusut dengan lebih cepat. Opsi ini bisa dilakukan jika cashflow Anda memungkinkan, misalnya dari kenaikan pendapatan.

  3. Renovasi rumah untuk menaikkan harga jual

    Komponen lain untuk perhitungan ekuitas adalah harga jual rumah. Dengan menginvestasikan dana lebih untuk memperbaiki atap, mempercantik dapur hingga renovasi menengah-besar, nilai jual rumah Anda bisa melejit, dan otomatis menaikkan nilai ekuitas rumah Anda. Hal ini biasa dilakukan ketika pemilik ingin menjual rumahnya. Yang perlu diperhatikan adalah perhitungan matang agar dana yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah menghasilkan kenaikan harga yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Mengakses Ekuitas Rumah Untuk Berbagai Kebutuhan?

Ekuitas rumah Anda dapat digunakan sebagai dana darurat untuk berbagai kebutuhan. Permasalahannya adalah aset properti (termasuk rumah Anda) terhitung asset tidak likuid, atau sulit untuk dikonversi menjadi dana tunai. Konversi ini seringkali memakan waktu yang lama, memiliki proses yang sulit dan memerlukan dana yang tidak sedikit. Secara konvensional ada beberapa alternatif untuk mencairkan aset rumah,

Opsi 1: Menjual rumah secara penuh

  • Membutuhkan waktu lumayan lama
  • Anda harus pindah rumah ketika terjual
  • Tenaga dan biaya untuk beriklan, proses legal dan administrasi

Opsi 2: Pinjaman dengan agunan atau pegadaian

  • Perlu memiliki BI Checking (histori) kredit yang baik
  • Kualifikasi dan proses yang rumit dan memakan waktu
  • Biaya yang lumayan besar termasuk asuransi kebakaran dan jiwa

Untuk solusi modern, mudah dan cepat, sekarang TapHomes menyediakan opsi ketiga,

Opsi 3: Rentback TapHomes

Dengan konsep yang inovatif untuk properti residensial atau rumah tinggal, TapHomes membeli rumah Anda, Anda menerima dana tunai dari ekuitas rumah Anda, dan Anda dapat tetap tinggal di rumah sebagai penyewa. Dengan begitu Anda tidak perlu terbebani proses pindah rumah yang memakan tenaga, biaya dan beban emosional. Anda dapat berfokus untuk menggunakan Ekuitas Rumah Anda untuk berbagai keperluan mulai dari ekspansi bisnis, membiayai edukasi, melunasi hutang, menyelamatkan rumah dari penyitaan bank hingga membiayai kebutuhan medis.

Dengan Rentback TapHomes, Anda akan merasakan benefit-benefit berikut,

  • Tanpa BI Checking dan evaluasi menitik beratkan pada rumah Anda
  • Proses yang cepat, mudah, transparan dan Anda menerima tunai secepat 5 hari
  • Program yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda

Rentback TapHomes membuat ekuitas rumah mudah dimengerti dan mudah diakses untuk membantu Anda memenuhi berbagai keperluan tanpa stress dari pindah rumah atau terikat pinjaman.