Investasi Emas atau Properti? - TapHomes Article

Investasi Emas atau Properti?

Semua orang yang berinvestasi pasti mengharapkan keuntungan, bahkan kalau bisa tidak rugi sedikit pun. Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang menyadari pentingnya ‘melek finansial’ dan mulai berinvestasi. Kebutuhan yang kerap bertambah seiring berjalannya waktu dan berharap mendapat keuntungan investasi membuat banyak orang berlomba-lomba mencari investasi yang menguntungkan, salah duanya di bidang emas dan properti.

Dalam kondisi ekonomi yang tak menentu emas masih menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi, namun apakah pilihan ini merupakan pilihan yang terbaik? Di tengah harga emas yang selalu naik dalam beberapa bulan terakhir membuat masyarakat mulai mencari investasi yang tetap menguntungkan dan aman. Direktur dan Kepala Global IP Paul Preston mengatakan emas biasanya hanya dianggap sebagai asset safe heaven ketika pasar mata uang tidak stabil.

Sementara itu data BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) menujukan total realisasi penanaman modal untuk proyek property secara keseleruhan selama empat bulan pertama di tahun 2020 mencapai RP 100 triliun untuk 1.245 proyek yang disetujui. Jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah proyek property yang direalisasikan tahun ini mengalami kenaikan. Banyak orang yang mulai melihat investasi property sebagai salah satu kelas asset berkinerja tinggi dalam portofolio investasinya

Bagaimana? Sudah menentukan instrument investasi yang tepat di antara dua pilihan di atas? Jika iya, kamu harus memperhatikan banyak hal termasuk kewarasan jiwa ragamu :D. Karena kata Benjamin Franklin sebaik-baiknya investasi ialah investasi terhadap diri sendiri.