7 Dokumen Diri yang Diperlukan untuk Jual Rumah dengan Program Rentback di Taphomes

28 Januari 2022
5 menit
Serah Terima Dokumen

Dalam Proses Jual Beli Rumah diperlukan surat surat penting agar proses transaksi berjalan dengan aman dan dapat dipertanggungjawabkan. Termasuk dalam proses jual beli rumah yang ada di program rentback TapHomes diperlukan surat surat berupa dokumen diri yang penting untuk disiapkan agar proses pengajuan lebih mudah. Dalam proses pengajuan program rentback diperlukan 7 dokumen diri diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Foto KTP suami istri (jika sudah menikah)

KTP

Kartu Tanpa Pengenal ( KTP ) adalah identitas diri yang perlu dipersiapkan dalam proses jual beli rumah bahkan KTP ini menjadi identitas dasar yang diperlukan untuk segala hal karena dengan identitas diri menunjukkan diri secara administratif adalah bagian dari warga negara indonesia yang berlaku serta dilindungi oleh hukum. Apabila kamu yang melakukan pengajuan sudah menikah maka KTP suami dan istri menjadi syarat untuk disiapkan agar proses berjalan dengan lancar.

2. Foto NPWP Pribadi

NPWP adalah identitas wajib pajak yang wajib dimiliki warga negara yang memiliki penghasilan di atas rata rata orang kebanyakan. Wajib pajak adalah seorang warga negara dengan kewajiban pajak. Pada proses jual beli rumah NPWP pribadi menjadi dokumen diri yang harus dipersiapkan karena semua transaksi pasti akan terkena oleh pajak yang berlaku di negara Indonesia.

3. Foto Kartu Keluarga

Kartu Keluarga ( KK ) adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan, dan jumlah anggota keluarga. Dokumen ini juga perlu dipersiapkan dalam proses pengajuan program rentback di TapHomes

4. Foto Buku Nikah

Buku Nikah merupakan dokumen yang diterbitkan sebagai bukti bahwa seseorang telah dicatat secara administratif oleh negara dengan status sudah menikah. Hal ini perlu dipersiapkan juga dalam proses jual beli yang ada. Hal ini dibutuhkan agar kelengkapan dokumen pribadi semakin banyak dan semakin akurat antar dokumennya.

5. Dokumen pekerjaan / Dokumen usaha

Arsip Dokumen

Dokumen pekerjaan adalah dokumen yang memberikan bukti bahwa kamu saat ini bekerja disebuah perusahaan dokumen ini bisa kamu dapatkan dari perusahaan berupa pernyataan bahwa kamu adalah karyawan atau menjadi bagian dalam perusahaan tersebut. Selain itu apabila kamu memiliki usaha juga mempersiapkan dokumen yang berkaitan dengan usaha yang kamu jalani dokumen tersebut bisa berupa surat izin usaha atau dokumen pendukung lainnya yang bisa membuktikan bahwa kamu adalah pemilik usaha tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan bukti tersebut.

6. Mutasi Rekening 3 bulan terakhir

Mutasi Dokumen

Mutasi rekening merupakan catatan, riwayat, dan histori semua transaksi yang terjadi dalam sebuah rekening baik berupa transaksi uang masuk maupun transaksi uang keluar. Dalam proses pengajuan program rentback yang ada di TapHomes diperlukan mutasi rekening selama 3 bulan ke belakang, rekening yang dilampirkan adalah rekening utama yang digunakan sehingga hal ini penting untuk mengetahui cash flow keuangan yang kamu miliki, hal ini akan memudahkan kami untuk memberikan evaluasi serta solusi terbaik terkait masalah keuangan yang kamu miliki melalui program TapHome yang bersifat fleksibel sesuai dengan kebutuhan kamu.

7. Foto Selfie suami istri

Foto selfie diri sendiri atau foto selfie suami istri merupakan foto yang dilakukan dengan menampilkan foto muka secara jelas hal ini dilakukan untuk memastikan semua dokumen yang ada sesuai dengan pemilik aslinya, maka dari itu agar proses pengajuan yang kamu lakukan segera diproses maka foto selfie yang dilakukan harus dengan benar dan jelas untuk menghindari ketidaksamaan data dokumen dengan foto selfie yang ada.

Itu adalah 7 Dokumen pribadi penting yang perlu dipersiapkan dalam proses jual beli rumah terkhusus program rentback yang diadakan oleh TapHomes, hal itu harus dilengkapi dan dipersiapkan agar proses pengajuan bisa berjalan dengan lancar semua data tersebut juga harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan, TapHomes menjamin terhadap keamanan dokumen yang telah kamu berikan karena selalu mengikuti pedoman dari International Standard Operation ( ISO ) sehingga kamu tidak perlu khawatir.