Menjaga Imunitas Saat Pandemi - TapHomes Article

Menjaga Imunitas Saat Pandemi

15 Desember 20205 min

Menjaga diri agar tetap sehat secara fisik maupun mental sangatlah penting di kala pandemi yang semakin rancu ini. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan raga, salah satunya dengan mengonsumsi asupan nutrisi makro dan mikro yang cukup. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas di saat pandemi? Yuk simak tips berikut dari Dr. Juwalita Sp.Gk.

Perlu diketahui bahwa sistem imun bekerja tergantung status gizi dan nutrisi berperan secara menyeluruh untuk membuat sistem imun bekerja.

Agar sistem imun bekerja banyak vitamin yang dibutuhkan, seperti karbohidrat, protein dan lemak untuk membuat antibodi. Ketika pandemi asupan protein harus cukup sehingga berfungsi dengan baik untuk membangun struktur asam amino yang baik di dalam tubuh. Protein tidak hanya berfungsi untuk membangun otot, kamu juga bisa mendapatkan enzim, hormon, antibodi dari protein. Pilihlah protein yang sehat dan rendah lemak jenuh, contohnya ikan. Ikan salmon, tuna, selar, kembung, lele dan gabus merupakan contoh protein hewani yang mengandung vitamin D dan lemak baik.

Nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral juga sangat penting untuk membangun imunitas. Kamu bisa mendapatkan vitamin yang cukup dengan memakan sayuran warna-warni, semakin berwarna, semakin baik. Beberapa sayuran seperti bayam dan brokoli juga mengandung zinc yang tidak kalah penting untuk sistem imun.

Yang terakhir namun tidak kalah penting, buah-buahan. konsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jambu merah dan pepaya. Konsumsi 2 kali sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Rutin mengonsumsi vitamin C akan membentuk kolagen yang cukup untuk kulit dan mencegah inflamasi dari luar, dan dalam.

Start small and start within, mulai dari jumlah yang kecil hingga akhirnya terbiasa dan menjadi kebiasaan yang baik. Kamu tidak akan merugi ketika mulai menjaga dirimu sendiri!