Budaya Kerja Perusahaan di TapHomes, Startup Proptech Indonesia dengan prinsip Never Get In Trouble Alone

24 Februari 2022
5 menit
Never get in trouble alone

TapHomes adalah proptech Indonesia yang terdiri dari orang-orang yang bekerja sepenuh hati untuk memberikan solusi kepemilikan rumah di Indonesia. Bagaimana rasanya kerja di startup Indonesia yaitu TapHomes?

Bekerja di TapHomes berarti memegang teguh tiga prinsip ini: Never Get in Trouble Alone, Carry 4x Your Weight and Be A Whale. Ketiga prinsip ini diinternalisasikan dalam keseharian karyawan TapHomes. Apa penjelasan dari ketiga prinsip tersebut? Mengapa ketiga hal tersebut sangat penting bagi karyawan TapHomes? Mari kita bahas mulai dari Never Get in Trouble Alone.

Never Get in Trouble Alone

Never get in trouble alone

Seringkali, seorang karyawan takut bertanya, baik kepada atasan maupun rekan kerja. Takut dianggap bodoh, malu, sampai merasa sungkan atau tidak enak hati karena mengganggu waktu orang lain adalah beberapa alasan mengapa seorang karyawan takut bertanya.

Budaya takut bertanya ini bisa berdampak buruk ketika karyawan tersebut dihadapkan pada sebuah masalah. Jika sebuah masalah dianalogikan sebagai lampu kuning, karyawan tersebut mempunyai dua pilihan: ingin tancap gas (maju terus, menerobos lampu lalu lintas) atau injak rem (berhenti, mengamati situasi dan menunggu giliran lampu hijau).

Menancap Gas

Menancap gas

Seringkali, karyawan yang takut bertanya itu seperti memilih pilihan pertama, yaitu tancap gas, dengan harapan ia bisa melaju terus tanpa hambatan. Ia cenderung mengabaikan sekelilingnya dan hanya fokus secepatnya melewati lampu lalu lintas. Padahal, bisa saja ada kendaraan yang sedang melaju dari arah lain, ada orang yang sedang bersiap menyeberang, sehingga sangat mungkin terjadi kecelakaan.

Ketika seorang takut bertanya dan tidak meminta bantuan saat menghadapi masalah, besar kemungkinan karyawan tersebut malah mendapatkan semakin banyak masalah di depannya. Mengapa? Karena karyawan tersebut tidak mengamati situasi yang terjadi dan menganalisis apa yang menjadi penyebab masalah, sehingga masalah tersebut semakin menggulung, menimbulkan masalah baru, bahkan berujung pada kerugian besar untuk banyak orang.

Menginjak Rem

Menginjak Rem

Sebaliknya, karyawan yang mau bertanya ibarat karyawan yang menginjak rem. Ketika menginjak rem, kita bisa dengan tenang mengamati keadaan sekitar, apakah ada kendaraan yang melaju dari arah depan atau samping, apakah ada orang yang menyeberang di zebra cross, dsb. Saat lampu sudah hijau, kita bisa melaju dengan tenang tanpa terburu-buru setelah memastikan situasi aman terkendali.

Ketika kita bertanya dan meminta bantuan kepada orang lain, kita mengambil waktu untuk melihat masalah dengan pikiran yang lebih tenang. Kita jadi mempunyai beberapa sudut pandang untuk menganalisis penyebab masalah, sehingga kita bisa mengambil keputusan yang lebih baik untuk mengatasi masalah tersebut. Kita tidak sendirian dalam menghadapi masalah.

Apakah kamu menyadari bahwa saat menerangkan “tancap gas”, kata pengganti yang digunakan berbeda dengan kata pengganti di penjelasan “injak rem”?

Ya, betul, kata penggantinya berbeda. Di pilihan tancap gas, ada kata pengganti “seorang karyawan”, tetapi “kita” digunakan sebagai kata pengganti di pilihan injak rem. Mengapa? Karena pilihan kedua, yaitu injak rem, adalah budaya kerja karyawan TapHomes. Karyawan TapHomes sangat menjunjung tinggi kebersamaan, sehingga tidak ada Anda dan saya, yang ada adalah kita. Kita mempunyai prinsip, “Jangan bermasalah sendirian” atau dalam Bahasa Inggris disebutkan “Never Get in Trouble Alone”. Oleh karena itu, setiap dari kita diharapkan untuk menginjak rem saat menghadapi masalah.

Tanya rekan kerja, minta bantuan atasan atau siapapun di TapHomes, pastikan ada orang lain yang juga mengetahui masalah kita. Bersama-sama, analisis masalah yang ada dan cari jalan keluar terbaik. Jika belum mampu, tanya lagi ke orang lain, minta bantuan ke lebih banyak orang. Ini adalah prinsip yang paling utama di dalam TapHomes.

Tenang saja, kita tidak akan dianggap bodoh atau bahkan salah jika bertanya. Sebaliknya, ketika kita bertanya dan bercerita tentang masalah kita, kita akan sangat disambut dan diapresiasi. Dengan Budaya Organisasi Perusahaan di TapHomes yang mengedepankan keterbukaan, seluruh karyawan didorong untuk siap saling membantu satu sama lain. Ingat, bekerja di TapHomes berarti kita dilarang untuk Never Get in Trouble Alone.

Lalu, apa itu Carry 4x Your Weight dan Be A Whale? Nantikan penjelasan lengkapnya di artikel selanjutnya ya.

Baca Juga: Menjaga Imunitas saat Pandemi