5 Keuntungan Tinggal Sendiri untuk Kehidupan Pribadi dan Karier - TapHomes Article

5 Keuntungan Tinggal Sendiri untuk Kehidupan Pribadi dan Karier

26 Maret 20215 min

Beli rumah dan tinggal sendiri rupanya jadi salah satu target kehidupan para milenial. Nggak hanya mereka yang sudah berkeluarga, milenial berstatus lajang pun tak mau kalah dalam hal ini. Bukan gaya-gayaan semata, ternyata ada banyak keuntungan tinggal sendiri untuk kehidupan pribadi sekaligus karier kamu, lho. Apa saja sih itu?

1. Lebih Mandiri dan Efisien

Lebih Mandiri dan Efisien

Lokasi rumah yang jauh dari kantor adalah salah satu penyebab kamu sering terlambat masuk kerja. Saat sudah terlambat, mood akan ikut terpengaruh. Akhirnya kamu nggak bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Ketidak-efisienan semacam ini tentu bisa kamu hindari kalau kamu tinggal di rumah atau apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja.

Nah, itulah kenapa kamu sangat disarankan untuk memilih perumahan di dekat kantor. Selain lebih hemat uang transportasi, kamu juga bisa menghemat waktu karena tak perlu buang-buang waktu di jalan untuk pulang pergi.

2. Lebih Tenang dan Damai

Lebih Tenang dan Damai

Kamu pasti setuju, kan, kalau kondisi rumah sangat berpengaruh terhadap suasana hatimu? Nah, kelebihan inilah yang akan kamu dapatkan saat beli rumah dan tinggal sendiri. Kamu tidak akan terganggu oleh aktivitas penghuni lain karena di rumah hanya ada kamu seorang diri.

Ini jadi nilai plus terutama buatmu yang menerapkan sistem WFH (Working from Home), lho. Karena nggak ada gangguan, pikiran pun jadi lebih fokus. Pekerjaan lebih cepat selesai dengan hasil yang memuaskan. Kalau sudah begini, bukan mustahil kalau prestasimu di tempat kerja akan meningkat.

3. Belajar Tanggung Jawab

Belajar Tanggung Jawab

Tinggal sendiri adalah salah satu cara bagus untuk belajar tanggung jawab. Karena tidak ada orang lain di rumah yang bisa dimintai bantuan, mau tidak mau kamu berusaha sebisa mungkin menyelesaikannya sendiri, misalnya membayar tagihan air dan listrik, membersihkan rumah, belanja dan masak, dan lain-lain.

Kebiasaan ini akan bikin kamu mandiri dan lebih dewasa. Psst… Cara ini juga bisa jadi tips bagus buat para milenial lajang sebelum masuk ke gerbang pernikahan, lho!

4. Belajar Manajemen Uang

Belajar Manajemen Uang

Masih berkaitan dengan poin ketiga, manfaat lain dari tinggal sendiri adalah kamu bisa belajar mengatur uang. Dengan gaji/penghasilan yang diterima, kamu akan membaginya untuk pos-pos kebutuhan rumah tangga secara rinci—serta memastikan uang yang dimiliki cukup sampai gajian berikutnya.

Yup, ini berarti kamu juga akan lebih menghargai uang. Selain berhemat untuk berbagai biaya hidup, kamu pun mulai bisa fokus menabung untuk beli rumah atau renovasi untuk mewujudkan desain rumah impian.

5. Bisa Atur Jadwal Sendiri

Bisa Atur Jadwal Sendiri

Saat masih tinggal bersama orang tua atau keluarga, biasanya kamu harus menyesuaikan jadwal dengan mereka. Sadar nggak sadar, kebiasaan ini ternyata bikin hari-harimu nggak efektif, lho.

Nah, beda cerita kalau kamu tinggal terpisah dari mereka. Kamu bisa mengatur jadwal sesuka hati tanpa perlu kompromi dengan yang lainnya. Ya, punya rumah sendiri memungkinkan kamu untuk membuat aturan dan jadwal sendiri, termasuk jadwal kerja dan aturan rumah tanggamu. Segalanya pun jadi bisa lebih mudah dicapai!

Tentu masih banyak keuntungan dari tinggal sendiri, misalnya kamu bisa mendekorasi rumah sesuka hati, istirahat nyaman tanpa diganggu, bebas melakukan apa pun yang disukai, dan sebagainya.

TapHomes bisa jadi solusi cerdas nih buat kamu yang sedang berburu hunian nyaman di area perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya. Platform ini menawarkan skema kepemilikan rumah yang mudah, salah satunya dengan Rent-to-Own. Dengan sistem ini, nantinya kamu bisa membeli rumah yang disewakan kepadamu, lho.

Kamu pun tak perlu khawatir, sebab seluruh prosedur jual beli rumah di TapHomes sangat transparan, profesional, dan tentu saja tepercaya. Yuk, wujudkan rumah impianmu sekarang bersama TapHomes!