Contoh dan Tips Financial Goal - TapHomes Article

Contoh dan Tips Financial Goal

10 November 20215 min
Financial

Setiap orang punya situasi yang unik dalam hal finansial pribadi. Masing-masing punya biaya bulanan yang berbeda-beda. Ketika kamu memutuskan untuk mengambil tanggung-jawab atas kondisi finansial kamu, kamu mencari solusi atas masalah kamu pribadi.

TapHomes berbagi tips manjur supaya kamu bisa membuat perencanaan keuangan pribadi yang sesuai dengan kondisi yang kamu hadapi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan Financial Goal kamu.

Apa itu Financial Goal?

Financial goal adalah target yang ingin kamu capai ketika mengatur keuangan kamu. Alat yang tersedia untuk mencapai target ini adalah menabung, pengeluaran strategis, mengatur pemasukan hingga melakukan investasi.

Menyusun daftar Financial Goal sangat penting untuk Menyusun budgeting. Ketika kamu punya tujuan yang jelas, membuat perencanaan akan jauh lebih mudah dan terarah. Artinya Goals yang kamu tetapkan harus spesifik, bisa diukur dan memiliki tenggat waktu.

Tipe-tipe Financial Goals

Ada tiga tipe financial goals:

  • Jangka waktu pendek
  • Jangka waktu menengah
  • Jangka waktu panjang

Financial goal jangka waktu pendek

Target yang termasuk di kategori ini bisa dicapai dalam setahun. Misalnya menabung untuk membeli computer baru atau liburan keluarga.

Financial goal jangka waktu menengah

Umumnya target yang jatuh dalam kategori ini bisa dicapai dalam 5 tahun. Target ini membutuhkan usaha yang lebih besar, namun sangat bisa dicapai dengan disiplin dan konsistensi. Melunasi hutang kartu kredit, menyelesaikan kredit mobil termasuk dalam kategori ini.

Financial goal jangka waktu panjang

Menabung untuk biaya kuliah, mengambil KPR, investasi dana pensiun memakan waktu lebih dari 10 tahun. Ini adalah target finansial jangka Panjang dan efeknya bisa dirasakan lintas generasi hingga ke anak-cucu kita.

7 Contoh Financial Goal Pribadi

Masih belum terbayang apa yang harus kamu targetkan? TapHomes memberikan contoh-contoh yang bisa membantu kamu memulai.

1. Menabung untuk punya dana darurat

Sedia payung sebelum hujan. Hidup penuh ketidakpastian. Sangat penting untuk memiliki persiapan yang bisa meringankan dan membantu kita ketika kejadian darurat menimpa kita atau orang dekat.

Menabung untuk memiliki dana darurat adalah keharusan. Hal ini harus menjadi tujuan pertama yang kamu tetapkan dalam kondisi apapun. Selalu sisihkan pemasukan kamu untuk dana darurat, dan disiplin untuk tidak menggunakan tabungan ini kecuali jika benar-benar diperlukan.

Kehilangan pekerjaan adalah keadaan darurat yang marak di era pandemi. Umumnya kita butuh waktu 3-6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Maka dari itu ada baiknya membuat target untuk memiliki tabungan senilai 12 bulan gaji (dua kali lipat untuk jaga-jaga).

2. Melunasi hutang

Melunasi hutang adalah salah satu Financial Goal paling umum. Memiliki hutang dalam jumlah besar memberikan kita perasaan tidak enak dan bisa mempengaruhi Kesehatan mental hingga produktivitas kita. Menetapkan pelunasan hutang sebagai Financial Goal terhitung mudah karena jumlah hutang dan taraf bunganya tertera di surat hutang dan bisa langsung digunakan untuk menyusun perencanaan.

Selain membayar setiap bulan, cara terbaik untuk membuat kemajuan nyata adalah dengan berhenti meminjam. Menambah hutang hanya akan mendorong kamu menjauhi target untuk melunasi hutang. Untuk beberapa orang, Financial Goal ini mungkin merupakan tujuan jangka menengah. Namun ada acara untuk melunasi hutang dengan cepat.

3. Menabung Untuk Dana Pensiun

Financial Goal ini adalah contoh terbaik untuk jenis jangka panjang. Kebanyakan dari kita akan melakukan ini selama usia produktif kita. Untuk menjaga gaya dan kualitas hidup kita semasa tidak bekerja lagi nanti, tentunya diperlukan cara supaya tabungan yang dikumpulkan mampu menunjang kita untuk hidup 10, 20 hingga 30 tahun setelah dalan masa pensiun nanti.

TapHomes sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan Financial Coach untuk menentukan bentuk investasi yang paling cocok untuk kamu. Ini bisa saja dengan reksadana, berinvestasi di emas, asuransi, dan sebagainya. Karena kita merencanakan untuk usia yang Panjang, maka semakin cepat kita memulai merencanakan dana pensiun, semakin baik juga hasil yang akan didapatkan nanti.

4. Memiliki/Melunasi Rumah

Membeli rumah adalah Financial Goal jangka Panjang yang sangat umum terutama di kalangan millennial. Di Indonesia kita difasilitasi berbagai pihak untuk mencapai tujuan ini dari KPR perbankan, tunai bertahap ke pengembang, hingga Rent-to-Own TapHomes. Bagi Sebagian besar kita, target memiliki rumah ini akan memiliki nilai terbesar dalam hidup.

Mempersiapkan uang muka yang cukup akan sangat membantu untuk mencapai Financial Goal ini. Pasalnya dengan berkurangnya nominal terhutang kita, makan jumlah bunga yang wajib kita bayarkan juga berkurang. Dengan begitu, nilai ekuitas yang kita miliki juga akan lebih cepat naik.

5. Kendaraan Pribadi untuk Menunjang Mobilitas

Kredit kepemilikan mobil biasanya berjangka waktu 3-5 tahun, yang mengkategorikan target ini sebagai Financial Goal jangka menengah.

Selama jangka waktu cicilan mobil berjalan, otomatis kamu perlu mengalokasikan Sebagian dari pendapatan bulanan kamu untuk pembayaran cicilan. Setelah lunas, tidak perlu buru-buru untuk mengganti ke mobil baru. Pemasukan yang sudah kamu alokasikan tadi bisa dialihkan ke tabungan atau lebih baik lagi ke investasi.

Dengan menggunakan strategi ini kamu bisa mulai membangun kekayaan yang akan memberikan kamu keleluasaan finansial.

6. Invest in a College Education

Banyak dari kita yang terhalang untuk maju dalam karir karena status edukasi yang disandang. Umumnya perusahaan akan mewajibkan tingkat karir tertentu untuk memiliki minimal gelar sarjana, bahkan magister hingga doctoral untuk karir di konsultansi.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan menjalani Financial Goal ini, termasuk mengambil pinjaman untuk edukasi, mengakses ekuitas rumah, hingga pembiayaan oleh perusahaan tempat kita bekerja dengan timbal balik masa abdi.

Untuknya nominal yang dibutuhkan untuk Financial Goal ini tidak 100% menentukan kualitas edukasi yang diterima. Kamu bisa berusaha lebih untuk bisa masuk ke universitas negeri yang memiliki pengajar dan mahasiswa berkualitas dengan biaya yang terbilang murah.

7. Selipkan Rencana Untuk Berekreasi

Di sisi lain dari contoh 1-6 yang terbilang “dewasa”, kamu juga butuh pelepasan dan hiburan. Ini bisa dijadikan target Financial Goal kamu untuk menabung supaya bisa berlibur dengan nyaman tanpa terpikir kamu sedang “buang-buang uang”.

Kalau kamu kurang suka berlibur, maka rekreasi kamu juga bisa dalam bentuk lain misalnya membeli TV layar besar, handphone baru yang kece, dan sebagainya. Gunakan Financial Goal yang satu ini sebagai hadiah untuk diri kamu setelah bersusah payah mencapai target Financial Goal lainnya dan juga untuk menjaga motivasi kamu tetap tinggi.