5 Renovasi Yang Paling Menambah Nilai Rumah - TapHomes Article

5 Renovasi Yang Paling Menambah Nilai Rumah

18 Oktober 20215 min
Before after

Pada artikel ini TapHomes akan berbagi renovasi apa saja yang menambah nilai paling banyak untuk rumah kamu. Terlepas dari apakah kamu sedang merenovasi untuk menjual atau hanya menambahkan nilai ke rumah sebelum kamu menjual, berikut adalah lima renovasi aset terbaik yang harus kamu lakukan saat menjual rumahmu.

Dapur adalah Jantung dari rumah

Di sebagian besar rumah tangga, dapur adalah tempat yang menyatukan sebagian besar anggota keluarga dan tempat di mana kenangan indah tercipta. Untuk itu, memperbarui dapur menjadi ruang yang bersih, modern, dan lengkap dapat menjadi salah satu renovasi terbaik untuk meningkatkan nilai.

Meskipun renovasi dapur bisa sangat mahal, ada cara untuk memodernkan dapur rumahmu dengan anggaran terbatas. Pertimbangkan membeli perabot dapur Ikea, karena harganya cukup terjangkau dan mudah dirakit. Sebagai alternatif, kamu bisa memberi dapur sedikit perubahan. Ganti perlengkapan usang, seperti gagang pintu dan peralatan masak dengan yang lebih kontemporer dan berikan dapur lapisan cat dengan warna netral yang segar.

Merapikan Kamar Mandi

Mirip seperti dapur, renovasi kamar mandi bisa memakan biaya yang cukup mahal. Namun renovasi ini layak untuk kamu pertimbangkan karena pembeli memperhatikan kedua ruangan ini dengan cermat, karena pembeli memberi menyukai suasana yang segar, cerah, dan sesuai tren. Jika kamu mencari cara untuk menambahkan nilai ke rumahmu, kamar mandi sering kali merupakan tempat yang bagus untuk memulai.

Untuk memanfaatkan tren kamar mandi yang diinginkan di rumah, kamu tidak harus melakukan renovasi besar-besaran. Untuk menekan biaya, pertahankan infrastruktur kunci yang ada misalnya pipa pembuangan yang ada dan kerjakan renovasi dengan mempertimbangkan titik-titik kunci tersebut. Ganti perlengkapan toilet, keran, lampu, dan shower dengan model yang lebih kontemporer. Jika ada ruang, pertimbangkan untuk menambahkan kesan luas ke kamar mandi Anda dengan menggantung cermin baru, atau mengganti cermin yang ada dengan cermin yang lebih besar. Paling tidak perbarui ubin kamar mandimu dan hilangkan jamur yang tidak sedap dipandang. Beberapa tanaman pot juga dapat membantu mencerahkan kamar mandi. Jangan lupa untuk memasang wewangian untuk menghilangkan bau.

Warna baru dan cerah

Berikan rumahmu wajah baru dan niscaya akan membawa perasaan baru. Mengecat ulang rumah membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, tapi kerja keras kamu akan terbayar karena pekerjaan pengecatan yang baik (exterior dan interior) adalah salah satu cara murah untuk menambah nilai rumah kamu.

Tentu saja, melakukannya sendiri adalah pilihan yang paling hemat biaya, tetapi kamu selalu bisa menghubungi professional. Idealnya, palet warna baru yang harus kamu gunakan adalah campuran warna-warna netral. Dengan cara ini, rumah kamu akan menarik lebih banyak calon pembeli dan mereka dapat dengan mudah membayangkan kehidupan mereka di rumah itu.

Ruang serbaguna

Ruang serbaguna bisa berupa apa saja, misalnya ruang keluarga dan ruang tamu yang didesain tanpa sekat sehingga dengan mudah bisa disulap menjadi tempat pesta keluarga dengan mudah, atau dengan membuat teras rumah menjadi ruang tamu outdoor, dengan begitu kegiatan bisa merambah hingga pekarangan. Fitur ini lumayan popular untuk dijual kepada investor yang ingin menyewakan rumah kamu untuk pendapatan tambahan misalnya dimasukkan dalam Airbnb.

Menambah fitur ini bisa berpotensi mahal jika ruangan di rumah kamu tidak siap untuk disulap menjadi ruang serbaguna, apalagi jika perlu melakukan renovasi terhadap pilar penyangga beban. Alih-alih memaksakan, pertimbangkan untuk membangun gudang. Ruang tambahan selalu diterima, dan pembeli menyukai garasi yang bagus, atau yang sedang populer adalah home office.

Manfaatkan suasana alam yang segar

Fasilitas luar ruangan adalah komoditas yang banyak dicari dan taman sering menjadi fitur penjualan utama di real estate. Sulap halaman belakang kamu sebagai ruang tamu tambahan. Pertimbangkan untuk menciptakan ruang hijau yang mendorong pembeli untuk membayangkan diri mereka menikmati kopi pagi di luar ruangan atau menjamu teman dan keluarga untuk makan malam atau BBQ.

Tanaman dengan perawatan rendah adalah cara yang bagus untuk menekan biaya dan usaha yang dibutuhkan seminimal mungkin. Ditambah lagi, mereka menghidupkan eksterior kamu tanpa memberi kesan “sulit dirawat” kepada pembeli. Membangun ruangan luar bisa menjadi renovasi real estate yang menguntungkan untuk menambah nilai rumah kamu.

Penutup

Meskipun hal-hal ini adalah pekerjaan ekstra, hasilnya tentu saja sepadan dengan investasinya. Perhatikan tren pasar dan fasilitas serta kondisi lingkungan sekitar untuk memprioritaskan renovasi apa yang harus kamu lakukan untuk menjadi pusat perhatian saat rumahmu dikunjungi calon pembeli. Kerja keras lebih untuk memberi rumah Anda faktor pembeda akan membuat pembeli mengantre untuk mengajukan penawaran.