Sayang Dilepas, Ini 5 Ciri Properti yang Cepat Naik Harga - TapHomes Article

Sayang Dilepas, Ini 5 Ciri Properti yang Cepat Naik Harga

Di antara sekian jenis instrumen investasi yang menjanjikan return tinggi, rupanya investasi properti masih jadi favorit banyak orang, tak terkecuali milenial. Selain rumah pribadi, milenial saat ini juga memanfaatkan investasi apartemen, rumah kost, atau ruko sebagai bentuk persiapan masa depan.

Maka, jangan dulu dilepas kalau kamu punya aset berupa properti yang tak terpakai. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai sumber passive income atau bahkan menjualnya kembali dengan harga yang tinggi. Nah, ini dia kriteria properti yang cepat naik harga!

Lokasi Strategis
  • 1. Lokasi Strategis

    Lokasi biasanya selalu jadi pertimbangan utama bagi mereka yang sedang berburu rumah. Makin strategis suatu hunian, makin mahal pula harganya. Poin plus kalau properti milikmu juga berada di area yang vital, misalnya dekat pusat kota, gedung perkantoran, rumah sakit dan sekolah, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Nggak cuma itu, lokasi di kawasan favorit juga bisa bikin propertimu cepat naik harganya, lho!

  • 2. Kondisi Lingkungan yang Nyaman

    Kondisi Lingkungan yang Nyaman

    Lokasi properti yang strategis juga mestinya dibarengi dengan kondisi lingkungan yang nyaman. Dua syarat ini adalah kombinasi tak terpisahkan yang selalu dicari orang. Jadi buat kamu yang sedang berencana memulai investasi properti atau beli rumah, perhatikan juga kondisi lingkungannya, ya.

    Faktor lingkungan yang dimaksud ini meliputi lanskap, vegetasi, kualitas air dan udara, suasana sekitar, serta kondisi sosial (perilaku dan sopan santun) warga sekitarnya. Kita semua pasti ingin punya tetangga yang baik dan ramah, kan?

    Yup, kondisi lingkungan ini memang berpengaruh besar terhadap kenyamanan kita selama tinggal. Nggak heran kalau di situs jual beli rumah banyak tercantum “situasi lingkungan” sebagai salah satu nilai jualnya. Makin nyaman dan toleran lingkungannya, makin cepat naik harga propertinya.

  • 3. Kualitas dan Desain Bangunan

    Kualitas dan Desain Bangunan

    Kualitas bangunan dan desain ini juga menjadi faktor penentu yang bikin harga sebuah properti cepat naik, lho. Rumah yang dibangun dengan spesifikasi tinggi dari material-material berkualitas, serta desain yang menarik dan tentunya aman dihuni dalam jangka panjang.

    Misalnya dua rumah dengan spek yang sama bagusnya, tapi dibangun dengan struktur dan desain yang berbeda pasti punya nilai jual yang berbeda. Jadi, perhatikan detail sebelum membeli atau membangun properti, ya. Makin halus pengerjaan dan desainnya, harga properti tentu makin tinggi seiring waktu.

  • 4. Fasilitas yang Disediakan

    Fasilitas yang Disediakan

    Properti yang dijual dengan harga mahal biasanya menawarkan fasilitas yang lengkap, entah itu fasilitas di bagian dalam maupun luar rumah. Selain jumlah kamar dan daya listrik, fasilitas dalam rumah umumnya meliputi kolam renang, taman, halaman belakang, dan sebagainya.

    Adapun fasilitas di luar rumah biasanya meliputi keamanan sekitar perumahan, ketersediaan taman bermain, rumah ibadah, dll. Makin banyak fasilitasnya, pasti makin tinggi harga rumahnya. Oh ya, rumah yang ada di lingkungan yang terus berkembang (terutama dari segi fasilitas) ini termasuk sunrise property yang menjanjikan prospek bagus lho, apalagi jika dimanfaatkan sebagai aset investasi.

  • 5. Reputasi Pengembang

    Reputasi Pengembang

    Reputasi pengembang (developer) juga punya andil besar dalam menentukan harga jual sebuah properti, lho. Yup, calon konsumen pasti bakal berpikir panjang dengan mempertimbangkan siapa pihak developer di balik properti yang akan dibelinya. Makin kredibel citra si pengembang, otomatis makin naik harga propertinya. Lebih oke lagi kalau properti milikmu sudah memenuhi empat kriteria yang disebutkan sebelumnya. Dijamin deh bakal dapat cuan besar!

Selain kelima faktor di atas, hal lain yang biasanya menentukan harga properti adalah kelengkapan perizinan dan segmen pasarnya. Nah, buat kamu yang berencana membeli rumah di lokasi yang nyaman dan strategis, TapHomes bisa jadi solusi terbaik!

TapHomes memungkinkan siapa pun untuk memiliki rumah idaman dengan proses dan skema yang mudah dan tepercaya, baik itu melalui sistem rent-to-own atau rentback. Bersama TapHomes, punya hunian nyaman pun bukan lagi mimpi!