Kerja di startup? 3 Keuntungan Kerja di Startup Mulai dari Lingkungan Kerja Sampai Interaksi dengan Pimpinan Perusahaan

24 Februari 2022
5 menit
Kerja di startup

Perencanaan dan pengembangan karir kamu di perusahaan startup, apakah itu impianmu sekarang? Akan tetapi masih ragu karena belum punya gambaran mengenai pekerjaan startup apa saja dan bagaimana budaya kerja di startup?

Berkarir di perusahaan startup mulai menjadi impian bagi banyak fresh graduate. Apalagi, saat ini banyak lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Namun, banyak juga yang masih ragu untuk bekerja di startup karena suka membandingkan dengan bekerja di perusahaan korporat yang lebih stabil. Sebenarnya, bekerja di startup maupun korporat sama-sama mempunyai nilai lebihnya. Namun jika ingin dibandingkan, apa saja keuntungan kerja di startup dibandingkan dengan korporat? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Belajar beradaptasi dengan perubahan yang cepat

Belajar beradaptasi

Perusahaan startup dikenal dengan budaya yang serba cepat. Startup juga dikenal suka melakukan perubahan. Perubahan mudah terjadi karena startup cenderung mengikuti tren bisnis yang ada. Oleh karena itu, bekerja di startup berarti siap menghadapi perubahan. Artinya, kita siap untuk menantang diri menjadi dinamis dan mudah beradaptasi. Jika kita tidak cepat beradaptasi terhadap perubahan, kita akan mudah tertinggal. Sebaliknya, perusahaan korporat biasanya sudah mempunyai program kerja yang teratur dan pasti, sehingga perubahan yang terjadi lebih lambat dan lebih sedikit dibanding perusahaan startup.

Apakah bekerja di startup jadi terdengar sulit? Tunggu dulu! Itu semua tergantung dari mindset kita. Jika kita melihat dari mindset positif, perubahan yang cepat itu menjadi tantangan bagi kita. Sifat adaptif terhadap perubahan itu dapat menjadi keunggulan kita dibandingkan dengan orang lain. Orang yang bisa beradaptasi dengan cepat akan lebih terlatih untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah.

Lalu, bagaimana situasi adaptasi perubahan di TapHomes? Tenang saja, bekerja di TapHomes berarti kamu tidak akan sendirian. TapHomes memiliki prinsip utama yaitu Never Get in Trouble Alone yang pastinya akan membantumu beradaptasi dengan kultur perusahaan startup.

Penasaran dengan maksud prinsip ini? Never Get in Trouble Alone

2. Kesempatan untuk berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru

Kesempatan untuk berinovasi

Perusahaan startup biasanya didirikan berdasarkan ide baru atau menjawab kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Artinya, produk yang ditawarkan adalah hasil inovasi dan kreativitas dari pendirinya. Bekerja di startup berarti mengasah kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang baru. Perusahaan startup biasanya sangat terbuka terhadap ide-ide baru yang belum pernah ada. Ide-ide tersebut dapat dicoba untuk diaplikasikan tanpa menunggu persetujuan yang panjang dari berbagai lapisan. Jika kita bekerja di korporat, biasanya sebuah ide baru membutuhkan persetujuan dari banyak pihak dan waktu yang panjang untuk dapat disetujui dan diaplikasikan.

Di TapHomes, kamu akan diberikan kesempatan untuk berinovasi menciptakan sesuatu yang baru. Dari program yang sudah berjalan pun, kamu ditantang untuk memberikan improvement, sehingga kamu bisa mengasah kreativitasmu untuk menjawab tantangan yang ada. TapHomes memberikan ruang untuk mewujudkan ide dan inovasimu, selama itu dapat berdampak baik kepada kinerjamu di perusahaan.

3. Dapat Berinteraksi Langsung dengan Founder dan Pimpinan Perusahaan

Berinteraksi dengan pimpinan

Karyawan yang dimiliki oleh perusahaan startup biasanya masih memiliki jumlah yang sedikit. Jumlah pegawai yang sedikit berarti struktur organisasi perusahaan terdiri dari sedikit lapisan atau bahkan hampir linear. Oleh karena itu, kita pasti pernah atau bahkan sering berinteraksi dengan pimpinan atau pendiri perusahaan untuk berkoordinasi mengenai pekerjaan sehari-hari. Hal ini sulit didapatkan jika kita bekerja di perusahaan korporat dimana struktur organisasinya berlapis-lapis. Di perusahaan korporat, karyawan yang berstatus staf biasanya jarang mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan pucuk pimpinan. Jangankan berinteraksi, bertemu pimpinan pun bisa jadi hanya terjadi setahun sekali di rapat umum perusahaan.

Founder dan Co Founder TapHomes selalu memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan pimpinan sejak hari pertama. Kamu akan mudah untuk bertemu dan bertegur sapa dengan para pimpinan. Pendiri dan pimpinan TapHomes sangat mengedepankan keterbukaan dalam komunikasi, sehingga kita bisa berinteraksi dengan para pimpinan tanpa harus menunggu waktu rapat atau kegiatan perusahaan. Kita bisa berdiskusi dan mendapat insight langsung dari para pendiri dan pimpinan perusahaan.

Jadi, demikianlah tiga keuntungan bekerja di startup. Dengan segala keuntungan di atas, apakah sekarang kamu jadi lebih tertarik untuk bekerja di startup? Jika iya, TapHomes saat ini membuka beberapa lowongan kerja. Bekerja di startup property TapHomes dengan program revolusioner (Rent to Own dan Rentback) tentu akan menjadi pengalaman berharga dalam pengembangan karirmu ke depannya.

Mari cek halaman karir kami, siapa tahu ada lowongan kerja yang cocok untukmu. Kami tunggu, ya! Careers TapHomes